Headline

Cegah Tindakan Bullying, SDN 6 Bogar Rutin Laksanakan Program Edukasi Komprehensif

51
×

Cegah Tindakan Bullying, SDN 6 Bogar Rutin Laksanakan Program Edukasi Komprehensif

Share this article
Cegah Tindakan Bullying, SDN 6 Bogar Rutin Laksanakan Program Edukasi Komprehensif

Poster-poster yang menarik dan informatif dipajang di berbagai sudut sekolah, menampilkan berbagai bentuk bullying dan cara mengatasinya.

Selain itu, SDN 6 Bogar juga memiliki mekanisme penanganan kasus bullying yang jelas dan efektif. Jika terjadi kasus bullying, wali kelas akan menjadi pihak pertama yang menangani masalah tersebut.

Namun, guru lain juga berperan aktif dalam memberikan dukungan dan solusi. “Kami melibatkan semua pihak di sekolah dalam upaya pencegahan dan penanganan bullying. Setiap guru memiliki tanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi siswa,” tegas Nurtina.

Dalam penanganan kasus bullying, pihak sekolah selalu berusaha untuk mendamaikan kedua belah pihak secara baik-baik. Siswa yang terlibat dalam kasus bullying akan dipanggil dan diberi pemahaman tentang kesalahan mereka.

“Kami tidak hanya fokus pada hukuman, tetapi juga pada upaya untuk mengubah perilaku siswa. Dengan memberikan pemahaman yang baik, kami berharap mereka dapat belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi perbuatan yang sama,” ungkapnya.

Tidak hanya berfokus pada upaya internal sekolah, SDN 6 Bogar juga menjalin kerjasama yang erat dengan orang tua siswa. Sekolah secara rutin berkomunikasi dengan orang tua melalui grup kelas untuk menginformasikan tentang program pencegahan bullying dan meminta dukungan mereka.

Selain itu, sekolah juga menjalin kerjasama dengan pihak kepolisian melalui bhabinkamtibmas untuk memberikan sosialisasi tentang bahaya bullying dan pentingnya menjaga keamanan di lingkungan sekolah.

“Jari kita adalah harimau kita. Kita harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial agar tidak menyakiti orang lain,” pungkasnya. (Ian/Nad)

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *